Jumat, 08 April 2011

Melepas genggaman ilmu dan harta....

"Ilmu dan harta itu jangan digenggam saja. Harus dilepaskan" begitu ketua KK kami berpesan. Pesan singkat namun cukup dalam maknanya.
Mengapa genggaman ilmu harus dilepaskan ? Padahal kita telah susah payah mendapatkannya. Belum lagi pengorbanan yang telah dilakukan untuk memperolehnya. Rasanya tidak masuk diakal jika kita lepaskan begitu saja. Hmmm..
Ketika kita menggenggam ilmu, mungkin kita merasa sebagi orang yang berilmu, orang yang serba tahu. Padahal pada kenyataannya justru sebaliknya. Orang yang mengatakan serba tahu pada dasarnya adalah orang yang tidak tahu sama sekali. Dan ilmu yang digenggam, toch hanya satu genggaman dan isinya itu-itu saja. Dengan melepaskan genggaman ilmu kita, berarti kita telah menyebarkan ilmu ke dunia luar, menjadikannya digenggam seseorang untuk kemudian digenggam orang lain lagi, begitu seterusnya.. Amazing, spread like viruses Dari satu genggam bisa bermultiplikasi menjadi bergenggam-genggam. Lalu keuntungan kita apa ? ketika genggaman kita longgar, ada space kosong yang bisa diisi. Ini adalah saatnya untuk mengisi dengan ilmu baru. Dengan kata lain ada kesempatan untuk mengimprove ilmu kita, tidak stagnan di suatu titik, ada kesempatan untuk berkembang. Semakin kayalah kita dengan ilmu, dan semakin banyaklah kesempatan kita untuk berbagi. Subhanallah..
Lalu melepas genggaman harta ? Bagaimana bisa, harta yang diperoleh dengan cucuran keringat yang bahkan sudah hampir mengering harus dilepaskan begitu saja ? Hmm.. kita lupa, ada hak-hak orang lain dalam harta kita. Dan itu harus kita penuhi. Sama seperti halnya melonggarkan genggaman ilmu, longgarnya genggaman harta menyisakan space untuk diisi. Oleh siapa ? Oleh orang-orang yang menyimpan hak kita! :) Jadi, seperti rantai kehidupan, takkan pernah berhenti disatu tangan. Jadi jika kita menggenggam harta kita terlalu erat, berarti kita telah menahan hak orang lain, dan telah menggangu keseimbangan hidup..
Wallahualam, ini hanya penafsiran pribadi. Namun memang terasakan sendiri..
Jadi, siapkah kita melepas genggaman ilmu dan harta kita ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar